|

Guru Berperan Bentuk Karakter Siswa Loh


GUYS, mungkin kita sudah tahu bukan dengan namanya guru profesional yaitu guru yang paham akan tugas dan fungsinya. Artinya dalam melaksanakan tugasnya guru memiliki metode khusus dalam proses belajar mengajar.
Banyak sekali metode-metode yang dimiliki para guru agar mampu membuat siswa belajar menyenangkan dan lebih nyaman. Dalam proses belajar mengajar guru juga memiliki RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) yang membantu guru agar dapat menjadi lebih profesional dalam mengajar. Sehingga akan tercipta suasana belajar yang kondusif bagi para siswa.
Dengan demikian guru punya peranan penting dalam pembentukan karakter siswa siswi. Pembentukan karakter tersebut harus berjalan dengan lancar agar karakter atau kepribadian mereka dapat menjadi lebih baik. Sesuai dengan amanat UU telah dijelaskan bahwa guru mempunyai fungsi atau peranan penting yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa.
Bayangkan jika guru tidak profesional punya peranan penting dalam pembentukan karakter maka kita akan tumbuh menjadi karakter yang buruk. Dan tak punya arah sehingga menjadikan karakter bangsa kita menjadi lemah karena maju atau mundurnya suatu bangsa terletak pada generasi penerusnya.
Agak serius nih, untuk menjadi guru yang profesional musti kudu dilakuin agar bangsa kita yang besar ini menjadi bangsa yang cerdas, punya kepribadian yang hebat dan kuat. Guru berprestasi kadang sudah dianggap profesional oleh sebagian orang karena prestasi yang ia miliki.
Seperti SmarTers Riski Setiani setuju kalau guru berprestasi kadang sudah dianggap dengan guru yang profesional. Lain halnya pendapat Devi, yang kurang setuju dengan hal tersebut. Ia berkomentar bahwa guru profesional tidak harus dilihat dari segi prestasi yang ia miliki tapi tergantung juga dengan metode pengajarannya, sikapnya, dan lain-lain.
Guru profesional guru yang bisa membedakan antar pekerjaan antara di rumah maupun luar rumah dan juga sekolah di mana tempat guru tersebut mengajar. Sebagai seorang siswa kita harus mempunyai pandangan tersendiri terhadap guru profesional. Banyak guru akan tetapi tidak profesional dalam proses belajar mengajar?
Itu sangat tidak baik sekali, dan juga membuat suasana menjadi tidak kondusif dan tidak nyaman. Guru-guru mata pelajaran pokok seperti Matematika, Fisika, Kimia, Bahasa Inggris, dan Bahasa Indonesia, memang diharuskan profesional dalam mengajar di kelas, akan tetapi tidak hanya itu semua guru memang harus dituntut profesional dalam mengajar. Seperti kata teman kita yang satu ini, Indahyani. “Guru profesional merupakan salah satu cerminan dan contoh pendidik generasi muda untuk mendapatkan hal yang terbaik nanti.”
Yupz, guys kita emang harus bisa menilai dan mengkritik guru kita sendiri karena sebagai siswa kita harus punya sikap. (*)

Posted by Unknown on Rabu, Januari 26, 2011. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

0 komentar for "Guru Berperan Bentuk Karakter Siswa Loh"

Leave a reply

Calon Gubernur 2013

 
Linggau Pos Jl. Yos Sudarso No. 89 Kel. Batu Urip Taba Kota Lubuklinggau
Copyright © 2013. Linggau Pos | Jawa Pos Group - All Rights Reserved
HarianPagi Pertama dan Terbesar di Bumi Silampari
Dibuat Oleh: Edi Sucipto