|

Eselon III Dituntut Kerja Maksimal


EMPAT LAWANG- Terobosan baru pemerintah Empat Lawang, mempercayakan pejabat eselon III sebagai kuasa pengguna anggaran (KPA) dimasing-masing instansi. Dalam menjalankan tugas, pejabat eselon III dituntut lebih maksimal dalam hal penggunaan anggaran (KPA). Dalam hal ini tidak hanya dipegang oleh eselon II, namun
pejabat eselon III jika mampu juga akan dipercayakan sebagai KPA pada sebuah instansi. Demikian dijelaskan Bupati Empat Lawang, H Budi Antoni Aljufri (HBA).

Dijelaskanya, dengan diberikan wewenang atas KPA ini, diharapkan pejabat eselon III dapat lebih maksimal. Disisi lain dengan tanggungjawab dan tupoksi, kepala SKPD tetap melakukan pengawasan.
“Ini konsep untuk memaksimalkan kinerja perangkat daerah, jangan sampai nantinya ada ketidak seimbangan antara kepala SKPD dan jajarannya. Setidaknya dengan perampingan dinas yang dilakukan, pejabat eselon III akan lebih fokus memegang jabatannya. Tidak menutup kemungkinan nantinya, turun untuk berurusan di pusat,” jelas HBA.

Dengan dialakukannya penggabungan beberapa SKPD, ruang lingkup tanggungjawab pejabat eselon II akan lebih banyak. Karenanya sebagai pendukung, pejabat eselon III diharapkan aktif dalam melakukan tugas baik ke pemerintah provinsi bahkan ke pusat.

“Jika ada tugas ataupun kepentingan instansi ke provinsi atau kepusat, tidak harus dilakukan pejabat eselon II. Kenapa tidak jika dipercayakan dengan pejabat eselon II, karenanya jika mampu menjalankan tugasnya bukan tidak mungkin dipercayakan juga sebagai KPA instansi itu,” imbuhnya.

Diakuinya, selama ini terkadang timbul kecemburuan antara kepala SKPD dan para eselon III diinstansi. Ini dapat menimbulkan indikasi kurang harmonis dalam satu lingkungan kerja. Karenanya dengan konsep ini, kedepan diharapkan SKPD lebih maksimal. Antara pejabat eselon II dan III harus bekerjasama, dalam artian dalam pengawasan bersama.
“Ya nanti dilihat dahulu kemampuannya, jika memang sudah layak kenapa tidak diberikan kepercayaan. Karena dengan kinerja yang maksimal para pejabat nantinya dapat memberi efek positif bagi pembangunan Empat Lawang,” pungkas HBA (05)

Posted by Unknown on Selasa, Februari 01, 2011. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

0 komentar for "Eselon III Dituntut Kerja Maksimal"

Leave a reply

Calon Gubernur 2013

 
Linggau Pos Jl. Yos Sudarso No. 89 Kel. Batu Urip Taba Kota Lubuklinggau
Copyright © 2013. Linggau Pos | Jawa Pos Group - All Rights Reserved
HarianPagi Pertama dan Terbesar di Bumi Silampari
Dibuat Oleh: Edi Sucipto