|

Status Gunung Kaba Masih Waspada


CURUP- Status Gunung Kaba di sekitar Desa Sumber Urip Kecamatan Selupu Kabupaten Rejang Lebong masih waspada. Petugas Pusat Vulkanologi dan Bencana Geologi Gunung Kaba (PVBGGB) mengaku belum bisa memastikan kapan status Gunung Kaba turun menjadi normal. Hal ini disebabkan cuaca di sekitar Gunung Kaba saat ini sulit untuk diprediksi.

"Status Gunung kaba belum bisa diturunkan menjadi normal, masih waspada. Saat ini masih musim hujan dan kadang-kadang sebentar-sebentar panas," jelas Kepala Kantor PVBGGB, Sigit kepada koran ini, Senin (13/6).


Masih labilnya cuaca di sekitar Gunung Kaba menurutnya akan mempengaruhi kadar solfatar yang harus diukur. "Kalau musim hujan kita belum bisa memastikan kadar ukuran solfatar yang terkandung, jadi kita belum bisa memastikan," akunya.

Untuk aktivitas gempa vulkanik menurutnya sudah normal, yakni berkisar antara 3- 4 kali goncangan setiap harinya. Kondisi cuaca yang terjadi saat ini membuat pihaknya meningkatkan pengawasan puncak Gunung Kaba.

"Kita terus rutin naik ke atas, namun terkadang ketika sampai di atas kondisi cuaca berkabut disertai hujan. Hal ini membuat kita susah untuk mengkur kondisi solfatar di sekitar lokasi kawah," jelasnya.

Ia juga menjelaskan, meski kondisi cuaca belum normal, setiap hari libur masih banyak pengunjung yang mendaki. Kepada setiap pengunjung ia menghimbau apabila cuaca tidak normal agar menghentikan pendakian.
“Sebab air hujan bisa mempengaruhi solfatar yang menghasikan zat O2 yang dapat menggangu sistem pernafasan," imbuhnya. (07)

Posted by Linggau Pos on Selasa, Juni 14, 2011. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

0 komentar for "Status Gunung Kaba Masih Waspada"

Leave a reply

Calon Gubernur 2013

 
Linggau Pos Jl. Yos Sudarso No. 89 Kel. Batu Urip Taba Kota Lubuklinggau
Copyright © 2013. Linggau Pos | Jawa Pos Group - All Rights Reserved
HarianPagi Pertama dan Terbesar di Bumi Silampari
Dibuat Oleh: Edi Sucipto