|

Pemda Diminta Optimalkan Bangun Infrastruktur


MUARA KELINGI-Untuk merentaskan daerah masih berstatus tertinggal di berbagai wilayah Indonesia, Pemerintah Daerah (Pemda) harus lebih mengoptimalkan pembangunan infrastruktur.

Demikian diungkapkan Menteri Negara Pembangunan Daerah Tertinggal (PDT) Republik Indonesia, A Helmy Faisal Zaini, kepada wartawan koran ini usai panen jagung sistem tumpang sari komoditi jagung dan karet di Desa Mekarsari Kecamatan Muara Kelingi, Jumat (4/2).

“Terkait pembangunan seharusnya Pemda harus lebih konfrehensip terhadap infrastruktur, seperti sarana listrik bagi masyarakat khususnya di daerah yang masih berstatus tertinggal. Kita harapkan dengan bagusnya sarana daerah tertinggal bisa dituntaskan,” harap politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Meskipun tidak secara pasti, Helmy menjelaskan, dari 183 kabupaten/kota di Indonesia yang masuk kategori daerah tertinggal, Kabupaten Mura berada di posisi tengah. Karena, melihat indikator yang ditetapkan Kementerian PDT, Kabupaten Mura telah memenuhi sebagian besar indikator.

“Kabupaten Mura berada di urutan tengah dan cukup baik berdasarkan tiga kategori yang kita bikin, kita harapkan tiga tahun mendatang bisa direntaskan. Karena indikator-indikator seperti angka kemiskinan sedikit banyak mendorong percepatan pembangunan,” lanjutnya.

Untuk merentaskan daerah tertinggal, pihaknya telah menganggarkan dana lebih kurang Rp 1,1 triliun. Helmy menargetkan, 2014 mendatang Kementerian PDT bisa merentaskan daerah tertinggal dengan melihat indikator yang ada.

Adapun langkah-langkah bagi percepatan kesejahteraan masyarakat, kata Helmy, kekayaan alam yang ada di Indonesia setidaknya bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Pemerintah telah memiliki tiga hal penting dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya yakni menekan angka kemiskinan.

“Dulu ada 14,1 persen angka kemiskinan dan sekarang sudah bisa kita tekan menjadi 13,3 persen, bahkan di akhir 2014 kita akan tekan ke angka 8 persen. Strategi yang kedua yakni pemerintah akan menekan angka pengangguran sampai 8,3 juta jiwa. Kita akan terus menerus menekan angka pengangguran tersebut,” terangnya.

Upaya yang ketiga yakni pemerataan agar pertumbuhan ekonomi masyarakat Indonesia meningkat. Pilar pemerataan dan pilar pembangunan merupakan hal terpenting yang dilakukan Kementerian PDT.

“Merata tidak berkeadilan tentunya jauh dari harapan kita semua. Untuk itu, dengan modal adil dan merata pemerintah terus melakukan berbagai langkah-langkah. Tiga cluster penting pengembangan yakni bantuan yang berdimensi sosial dimulai dari bantuan Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas), program keluarga harapan dan bantuan sekolah. Bantuan yang memenuhi hak-hak dasar masyarakat dari mulai penyediaan sarana air bersih, kelistrikan, infrastruktur seperti jalan, telekomunikasi, pendidikan dan kesehatan, inilah upaya yang dilaksanakan pemerintah untuk memenuhi hak dasar masyarakat,” paparnya.

Hal penting ketiga yakni pemberdayaan ekonomi dari Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM), Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan lainnya dalam rangka meningkatkan perekonomian usaha mikro, kecil dan menengah.

Menurut Helmy, yang menjadi faktor daerah tertinggal yakni masyarakat dan wilayah sebuah daerah. Kaitannya dengan masyarakat yakni mereka belum mempunyai penghasilan, pendidikan dan keahlian. Kalau untuk wilayah, karena belum produktif dan banyak tanah serta lahan terlantar dan belum dikembangkan secara maksimal.

“Untuk itu, program yang ada di Kementerian PDT ditujukan pengembangan lahan oleh masyarakat. Demikian pula dengan infrastruktur, dengan dialirinya listrik di beberapa wilayah Kabupaten Mura mudah-mudahan Mura bisa dituntaskan dari status daerah tertinggal. Kita harapkan, bantuan yang diberikan ini bisa mempermudah masyarakat seperti bantuan 75 unit Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) adalah upaya menjangkau masyarakat yang memang masih sulit untuk dialiri jaringan listrik karena sifatnya menyebar. Kita harapkan masyarakat bisa menikmati dalam belajar, beraktivitas sehari-hari. Ke depan bisa 100 persen masyarakat menikmati fasilitas kelistrikan,” pungkasnya.(06)

Posted by Linggau Pos on Sabtu, Februari 05, 2011. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

0 komentar for "Pemda Diminta Optimalkan Bangun Infrastruktur"

Leave a reply

Calon Gubernur 2013

 
Linggau Pos Jl. Yos Sudarso No. 89 Kel. Batu Urip Taba Kota Lubuklinggau
Copyright © 2013. Linggau Pos | Jawa Pos Group - All Rights Reserved
HarianPagi Pertama dan Terbesar di Bumi Silampari
Dibuat Oleh: Edi Sucipto