|

6 Warga Binaan Diduga Mengidap HIV


MUARA BELITI- Enam warga binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Muara Beliti Kabupaten Musi Rawas (Mura) diduga mengidap HIV (Human Immunodeficiency Virus). Dugaan ini muncul setelah mereka menjalani pemeriksaan sampel darah dilakukan petugas Klinik Voluntary Counseling and Testing (VCT) HIV/AIDS Dayang Torek RS Siti Aisyah Kota Lubuklinggau, Selasa (14/6).

Manajer Kasus VCT HIV/AIDS Dayang Torek, Parman kepada koran ini mengatakan, berdasarkan hasil pemeriksaan sementara diketahui enam warga binaan Lapas Narkotika diduga positif HIV. Rinciannya emapat orang perempuan dan dua laki-laki. Saat melakukan pemeriksaan sampel darah, Klinik VCT menggunakan rapid test.
“Setelah diambil sampel darah dalam waktu tiga menit sudah dapat diketahui hasilnya enam orang diduga positif HIV. Itu baru diduga. Untuk memastikan hasilnya akan dilakukan pemeriksaan ulang,” kata Parman.

Ditambahkan Parman, enam orang diduga positif mengidap HIV itu hasil pemeriksaan terhadap 45 orang yang diambil sampel darahnya. Awalnya Klinik VCT menargetkan mengambil sampel darah 75 orang, namun yang terjaring hanya 45 orang. Setelah dites sementara di Lapas Narkotika Muara Beliti, sampel darah enam orang warga binaan tadi kembali diambil untuk diperiksa di laboratorium VCT Dayang Torek.

“Jika nanti hasilnya masih positif akan dilanjutkan ke laboratorium RS dr Muhammad Husein, Palembang,” kata Parman.

Selanjutnya VCT akan memberikan pengobatan secara gratis kepada warga binaan yang mengidap HIV tersebut. Seluruh obat-obatan nantinya akan didrop melalui klinik yang ada di Lapas. “Petugas VCT akan terus memantau perkembangan kesehatan orang yang mengidap HIV,” janji Parman.

Disamping itu, ia juga mengukapkan jumlah penderita HIV di Kota Lubuklinggau saat ini bertambah satu orang. “Jadi jumlahnya ada dua orang, salah satunya sudah stadium III,” ujarnya.

Pemeriksaan sampel darah terhadap warga binaan Lapas Narkotika Muara Beliti kemarin, dipimpin Koordinator VCT Dayang Torek, dr Eva Romayanti dengan jumlah tim sembilan orang. Ia mengucapkan terima kasih kepada Kepala Lapas Narkotila beserta pegawai yang telah membantu sehingga kegiatan pengambilan sampel darah berlangsung lancar.

Sementara itu, Kepala Lapas Narkotika Muara Beliti, Basyir Ramlan melalui Kasi Binadik, Damri saat dihubungi wartawan koran ini mengaku belum mengetahui hasil tes VCT, apakah positif atau negatif HIV.
“Kami belum tahu, bukannya kami tidak mau memberikan informasi tersebut karena kegiatan itu dilakukan tim kesehatan dari rumah sakit secara rutin,” kata Damri, melalui Honya tadi malam.

Untuk diketahui, virus HIV menyerang sistem kekebalan yang membuat tubuh kehilangan kemampuan untuk melawan penyakit, sehingga tubuh lebih rentan terhadap berbagai penyakit. Jika gejala ini tidak segera diobati, maka bisa menyebabkan AIDS (Acquired Immunodeficiency Syndrome) yang merupakan penyakit mematikan. AIDS timbul sebagai dampak berkembangbiaknya virus HIV di dalam tubuh manusia.
Gejala-gejala yang muncul dari HIV bisa mempengaruhi seseorang secara bertahap. Setelah virus memasuki tubuh, maka virus akan berkembang dengan cepat.
Virus ini akan menyerang limfosit CD4 (sel T) dan menghancurkan sel-sel darah putih sehingga mempengaruhi sistem kekebalan tubuh. Setiap tahapan dari infeksi akan menunjukkan gejala yang berbeda.
Tahap awal dari infeksi virus ini biasanya tidak menunjukkan tanda-tanda atau gejala apapun, gejala baru akan muncul setelah dua sampai empat minggu setelah terinfeksi. Seseorang bisa mengeluh mengalami sakit kepala yang berat dan persisten disertai dengan demam.
Seperti dikutip Menshealth.about.com, ketika seseorang terinfeksi maka gejala awal yang muncul terkadang mirip dengan flu atau infeksi virus sedang. Gejala dan tanda awal dari HIV termasuk demam, sakit kepala, kelelahan, mual, diare dan pembengkakan kelenjar getah bening di leher, ketiak atau pangkal paha.
Gejala-gejala ini hampir sama dengan infeksi virus lainnya. Karena itu banyak orang yang terinfeksi HIV tidak menyadari bahwa dirinya sudah terinfeksi hingga bertahun-tahun sehingga mencapai stadium lanjut. (09/05/net)

Posted by Unknown on Rabu, Juni 15, 2011. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

0 komentar for "6 Warga Binaan Diduga Mengidap HIV"

Leave a reply

Calon Gubernur 2013

 
Linggau Pos Jl. Yos Sudarso No. 89 Kel. Batu Urip Taba Kota Lubuklinggau
Copyright © 2013. Linggau Pos | Jawa Pos Group - All Rights Reserved
HarianPagi Pertama dan Terbesar di Bumi Silampari
Dibuat Oleh: Edi Sucipto